Apa Itu USBN? (Pengertian dan Perbedaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional)

Apa Itu USBN, Pengertian USBN, Manfaat USBN, Perbedaan UN DAN USBN, Pengertian Dari USBN, USBN 2017.
Apa Itu USBN? (Pengertian dan Perbedaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional) - Kata kata usbn mungkin baru kalian dengar pada akhir tahun 2016 ini karena merupakan hal yang baru dalam pendidikan. Bagi kalian yang tidak mengerti apa itu usbn maka akan saya jelaskan arti dari Ujian Sekolah Berbasis Nasional.

Secara singkatnya usbn berasal dari kata Ujian Sekolah Berbasis Nasional. USBN merupakan pengganti UN 2017 nanti yang katanya akan dihilangkan dan digantikan dengan ujian yang baru. 


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai pengganti moratorium Ujian Nasional(UN). Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat menggelar rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Kamis 1 Desember 2016.



Muhadjir Effendy mengatakan bahwa persiapa usbn bisa dibilang 70%. "Kami sudah siap 70 persen, tinggal produk saja," kata Muhadjir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/11/2016).
Dalam konsep USBN, jenis soal akan terdiri dari pilihan ganda dan esai. Jumlah soal pilihan ganda akan dikurangi, tak seperti UN yang seluruhnya merupakan pilihan ganda. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mendeteksi kemampuan berpikir kritis siswa.
USBN nantinya bisa dilaksanakan tanpa kertas atau paperless, sehingga dapat menghemat anggaran, dan mencakup seluruh mata pelajaran dan akan memasukan konten lokal maupun titipan nasional.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, perbedaan pertama adalah dalam USBN akan ditambahkan materi soal berupa esai. Perbedaan kedua, materi pembuatan soal akan diserahkan kepada pemerintah provinsi untuk jenjang SMA/SMK, dan pemerintah kota/kabupaten untuk jenjang SMP.
Namun, pemerintah pusat akan menyisipkan beberapa pertanyaan, baik berupa pilihan ganda atau essai yang berfungsi sebagai indikator standar nasional. Selama ini, materi soal UN hanya berupa pilihan ganda dan dibuat sepenuhnya oleh pemerintah pusat.

16 Responses to Apa Itu USBN? (Pengertian dan Perbedaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional)

  1. usbn itu materinya dari kelas 1 apa kelas 3 semester 2 aja min?

    BalasHapus
  2. S0AL USBN APAKAH SAMA SATU SEK0LAH DENGAN SEK0LAH LAIN

    BalasHapus
  3. apa cuman sekolah saya yang uda usbn ama un?

    BalasHapus
  4. Prosesur bahwa Provinsi yang punya kewenangan membuat soal, lalu bagaimana dengan fakta di setiap selolah, apakah sudah dilakukan terjun lapangan untuk mengetahui materi-materi yang sudah diajarka oleh guru bersangkutan dalam hal ini pelajaran PKN?

    BalasHapus
  5. Mata pelajaran apa saja yang akan di usbn kan?

    BalasHapus
  6. Pelajaran nya dari kelas 1 min?

    BalasHapus
  7. makasih gan... nice post. salam kenal

    BalasHapus
  8. kamsud loe?
    hari gini masih omongon SARA

    BalasHapus
  9. Apahkah nilai uasbn itu di gabung dengan nilai tugas tugas

    BalasHapus
  10. Terimah kasi Infonya sangat bermanfaat bagi saya.
    Berarti saya haruss mempelajari ulang pelajar dari kls 1 sampe kls 12

    BalasHapus
  11. Did you realize there is a 12 word sentence you can communicate to your partner... that will trigger intense feelings of love and impulsive appeal to you deep within his chest?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, admire and look after you with all his heart...

    12 Words That Trigger A Man's Desire Impulse

    This instinct is so hardwired into a man's genetics that it will make him work harder than before to make your relationship the best part of both of your lives.

    As a matter of fact, fueling this powerful instinct is absolutely binding to getting the best possible relationship with your man that as soon as you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will immediately notice him open his heart and soul for you in such a way he never expressed before and he'll distinguish you as the only woman in the world who has ever truly interested him.

    BalasHapus
  12. kak mau nanya,kalau ulangan USBN itu pelajaranya apa aja kak,saya binggung soalnya untuk USBN tahun 2020 hari ini

    BalasHapus